Inovasi dan kreativitas

Dipublikasikan oleh admin pada

Arti inovasi dan kreativitas bisa dikatakan cukup dekat dan tidak sedikit yang mendefinisikan dua kata  tersebut sama saja, padahal kedua kata tersebut merupakan dua hal yang berbeda.

Pengertian kreativitas dapat dikatakan suatu proses memikirkan hal dan konsep baru, sementara pengertian inovasi adalah proses mengubah pemikiran menjadi nyata (inovasi merupakan implementasi dari kreativitas) . 

Secara singkat kreativitas adalah menciptakan sesuatu hal yang baru sementara inovasi adalah mengubah atau memperbaharui sesuatu yang sudah ada untuk menemukan/mendapatkan mutu dan kualitas yang lebih tinggi.

Inovasi

Pengertian Inovasi

kata Inovasi sendiri diartikan berbeda-beda oleh beberapa ahli. Dalam arti luas inovasi tidak hanya menyangkut masalah produk, akan tetapi dapat juga berupa ide, cara-cara maupun obyek yang dipersiapkan oleh seseorang untuk menjadikan sesuatu yang baru. 

Inovasi sering dikaitkan dengan perubahan yang dirasakan sebagai hal yang baru oleh masyarakat yang mengalami. Akan tetapi, dalam konteks pemasaran & perilaku konsumen, dapat dapat juga dikaitkan dengan produk maupun jasa yang sifatnya baru.  Kata “baru” merujuk pada produk yang belum pernah ada sebelumnya di pasar & baru dalam arti ada dalam hal yang berbeda yang merupakan penyempurnan maupun perbaikan dari produk sebelumnya yang pernah ditemukan konsumen di pasar.

Kata inovasi dapat diartikan sebagai “proses”, atau “hasil” pengembangan dan atau pemanfaatan atau mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman guna menciptakan atau memperbaiki produk, proses yang dapat memperbaiki nilai yang lebih berarti. dibawah ini beberapa defenisi tentang inovasi:

  • Secara teknis, “inovasi” didefinisikan sebatas “memperkenalkan sesuatu yang baru;”.
  • Inovasi:  Suatu ciptaan (perangkat atau proses baru) yang dihasilkan dari studi dan eksperimen; penciptaan sesuatu dalam pikiran; tindakan memulai sesuatu untuk pertama kalinya; memperkenalkan sesuatu yang baru ” (Wordnet).
  • “Inovasi adalah kegiatan imajinatif yang dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan hasil yang asli dan bernilai komersial”
  • “Inovasi. Sesuatu yang baru atau lebih baik, memiliki potensi yang dapat dipasarkan, termasuk (1) pengembangan aplikasi baru untuk teknologi yang ada, (2) penyempurnaan teknologi yang ada, atau (3) pengembangan aplikasi baru untuk teknologi yang ada. “
  • Inovasi adalah kata yang telah diturunkan dari bahasa Latin Innovationem, yang merupakan kata benda untuk tindakan inovasi. Innovare berasal dari inovasi bahasa Latin, yang berarti mengubah atau memperbarui.

Menurut Rosenfeld, inovasi merupakan transformasi pengetahuan kepada produk, proses & jasa baru, tindakan menggunakan sesuatu yang baru.

Sementara menurut Vontana (2009:20) inovasi diartikan sebagai kesuksesan ekonomi & sosial berkat diperkenalkannya cara baru ataupun kombinasi baru dari cara cara lama dalam mentransformasi antara nilai guna dan harga yang ditawarkan kepada konsumen dan / atau pengguna, komunitas, sosietas dan lingkungan.

Menurut Yogi dalam LAN (2007:115) inovasi biasanya erat kaitannya dengan lingkungan yang berkarakteristik dinamis dan berkembang.

Jenis jenis Inovasi

Menurut Robertson dalam Nugroho (2003:395) jenis jenis inovasi antara lain:

  • Inovasi terus menerus

Merupakan modifikasi produk yang sebelumnya sudah ada dan bukan merupakan pembuatan produk baru sepenuhnya. Inovasi ini menimbulkan pengaruh yang tidak mengacaukan pola perilaku yang sudah mapan. Misalnya, memperkenalkan perubahan modal baru, menambahkan mentol pada rokok atau mengubah  ukuran dari rokok tersebut.

  • Inovasi terus menerus secara dinamis

Jenis inovasi ini bisa melibatkan penciptaan produk baru atau perubahan produk yang telah ada sebelumnya, akan tetapi tidak mengubah pola yang sudah mapan dari kebiasaan belanja pelanggan atau pengguna produk. Misalnya sikat gigi listrik, compact disk, makanan alami & raket tensi yang sangat besar.

  • Inovasi terputus

Merupakan jenis inovasi yang melibatkan sebuah produk yang sepenuhnya baru dan menyebabkan pembeli atau pengguna memngubah secara signifikan pola perilaku mereka. Misalnya komputer, videocasset reccorder.

Menurut Wibisno (2006:113) cara yang paling mudah untuk mendeteksi kebershasilan suatu inovasi dapat melalui pengecekan didapatkannya pelanggan baru (akuisis pelanggan), pertumbuhan penjualan, loyalitas pelanggan, atau peningkatan margin keuntungan.

Contoh Inovasi

Contoh dari inovasi cukup banyak kita temukan dalam kehidupan sehari hari, seperti berikut:

 Kendaraan roda 4 atau lebih awalnya menggunakan Bahan bakar premium, solar, pertamax dan lain sebagainya, seiring perkembangan zaman untuk mengantisipasi tingginya penggunaan sumber daya dan semakin menimpisnya persediaan energi maka pemerintah atau swasta berinovasi dengan cara menemukan sumber daya yang baru tentunya dapat lebih ramah dan efisien yaitu tenaga elektrik (listrik).

Manfaat dari Inovasi

Penggalan dari defenisi inovasi diatas ialah untuk memberi nilai tambah dan tentunya berguna bagi masyarakat banyak maupun bagi penciptanya sendiri. Berikut ini sejumlah manfaat dari inovasi:

    • Meningkatkan produktivitas & mengurangi biaya
    • Kualitas yang lebih baik
    • Menciptakan berbagai produk baru
    • Memberikan nilai tambah dan
    • lain lain

Kreativitas

Pengertian Kreativitas

Defenisi kreativitas secara sederhana yang sering digunakan secara luas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Menurut Wibisno (2006:113) cara yang paling mudah untuk mendeteksi kebershasilan suatu inovasi dapat melalui pengecekan didapatkannya pelanggan baru (akuisisi pelanggan), pertumbuhan penjualan, loyalitas pelanggan, atau peningkatan margin keuntungan.

Menurut kamus webster kreativitas adalah kemampuan seseorang guna mencipta yang ditandai dengan orinilitas dalam berekspresi yang bersifat imajinatif.

Sementara dalam kamus besar bahasa indonesia, kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta, perihal berkreasi & kekreatifan.

Menurut Yeni Rachmawati mengatakan kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang sudah ada.

Kreativitas merupkan kemampuan dalam berpikir tingkat tinggi yang mengimplikasikan terjadinya eskalasi dalam kemampuan berpikir, yang ditandai oleh suksesi, diskontinuitas, diferensiasi & integrasi antara tahap perkembangan.

Menurut Kuper dan Kuper dalam Samsunuwiyati Mar’at (2006:175) kreativitas merupakan sebuah konsep yang majemuk dan multi-dimensial, sehingga sulit didefenisikan secara operasional.

Berpikir Kreatif

Pemikiran kreatif berarti memikirkan hal baru atau berpikir dengan cara baru.” Seringkali, kreativitas dalam pengertian ini melibatkan apa yang disebut pemikiran lateral, atau kemampuan untuk memahami pola yang tidak jelas. Detektif fiksi Sherlock Holmes menggunakan pemikiran lateral dalam satu cerita terkenal saat dia menyadari bahwa seekor anjing yang tidak menggonggong merupakan petunjuk penting dalam kasus pembunuhan.

Beberapa orang secara alami lebih kreatif daripada yang lain, namun pemikiran kreatif bisa diperkuat dengan latihan. Anda dapat berlatih berpikir kreatif dengan memecahkan teka-teki, dengan menyadari dan melepaskan asumsi Anda, dan melalui permainan – apa pun yang tidak terstruktur dan santai. Bahkan melamun pun bisa membuat anda berpikir kreatif.

Contoh Pemikiran Kreatif

  • Mengatur tampilan ritel agar memiliki dampak maksimal
  • Merancang sebuah logo
  • Cara Mengidentifikasi untuk memotong biaya selama krisis anggaran
  • Meningkatkan produktivitas staf dengan merancang insentif kinerja dan
  • lain lain

Manfaat Kreativitas

Diantara manfaat yang dapat dirasakan dari berpikir kreatif ialah :

  • Dapat memecahkan masalah yang ada
  • Dapat membuat perbedaan tentunya yang lebih baik
  • Dapat menghemat anggaran
  • dan masih banyak lagi

Perbedaan Inovasi dan Kreativitas

pengertian inovasi dan kreativitas
Perbedaan Kreativitas VS Inovasi
Via; dasanjaberdeen

Secara singkat diatas telah disebutkan perbedaan antara kreativitas dengan inovasi, berikut beberapa perbedaan yang mendasar diantara keduanya:

KreativitasInovasi
Memikirkan sesuatu hal yang baruMembuat pemikiran yang baru tersebut menjadi nyata
Menghasilkan gagasanMembawa gagasan ini ke kehidupan
Berhubungan dengan pengalamanBerhubungan dengan Sebuah pengamatan
Jika anda menciptakan sesuatu yang baru maka, dapat dikatakan anda telah menciptakan.jika Anda telah memperbaiki sesuatu yang sudah ada, Anda bisa dikatakan telah melakukan inovasi

Lihat juga:

Lihat Keluar

  1. http://digilib.unila.ac.id/15763/17/BAB%20II.pdf
  2. https://eprints.uny.ac.id/9844/2/BAB%202%20-%2008108244084.pdf
  3. http://etheses.uin-malang.ac.id/743/6/10410056%20Bab%202.pdf
  4. http://repository.radenintan.ac.id/1693/5/Bab__II.pdf
  5. http://digilib.uinsby.ac.id/5908/5/Bab%202.pdf


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *