Inovasi dan kreativitas

Dipublikasikan oleh admin pada

Arti inovasi dan kreativitas bisa dikatakan cukup dekat, dan tidak sedikit yang mendefinisikan dua kata  tersebut merupakan sama saja, padahal kedua kata tersebut merupakan dua hal yang berbeda. Pengertian kreativitas dapat dikatakan suatu proses memikirkan hal dan konsep baru, sementara pengertian inovasi adalah proses mengubah pemikiran menjadi nyata (inovasi merupakan implementasi dari kreativitas) .  Secara singkat kreativitas adalah menciptakan sesuatu hal yang baru sementara inovasi adalah mengubah atau memperbaharui sesuatu yang sudah ada untuk menemukan/mendapatkan mutu dan kualitas yang lebih tinggi.

Inovasi

Di telah dijelaskan pengertian serta perbedaan inovasi dengan kreativitas,  dibawah ini beberapa defenisi tentang inovasi:

  • Secara teknis, “inovasi” didefinisikan sebatas “memperkenalkan sesuatu yang baru;”
  • Inovasi:  Suatu ciptaan (perangkat atau proses baru) yang dihasilkan dari studi dan eksperimen; penciptaan sesuatu dalam pikiran; tindakan memulai sesuatu untuk pertama kalinya; memperkenalkan sesuatu yang baru ” (Wordnet)
  •  “Inovasi adalah kegiatan imajinatif yang dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan hasil yang asli dan bernilai komersial”
  • “Inovasi. Sesuatu yang baru atau lebih baik, memiliki potensi yang dapat dipasarkan, termasuk (1) pengembangan aplikasi baru untuk teknologi yang ada, (2) penyempurnaan teknologi yang ada, atau (3) pengembangan aplikasi baru untuk teknologi yang ada. “
  • Inovasi adalah kata yang telah diturunkan dari bahasa Latin Innovationem, yang merupakan kata benda untuk tindakan inovasi. Innovare berasal dari inovasi bahasa Latin, yang berarti mengubah atau memperbarui.

Contoh Inovasi:

Contoh dari inovasi cukup banyak kita temukan dalam kehidupan sehari hari, seperti berikut

 Kendaraan roda 4 atau lebih awalnya menggunakan Bahan bakar premium, solar, pertamax dan lain, seiring perkembangan zaman untuk mengantisipasi tingginya penggunaan sumber daya dan semakin menimpisnya persediaan energi maka pemerintah atau swasta berinovasi dengan cara menemukan sumber daya yang baru tentunya dapat lebih ramah dan efisien yaitu tenaga elektrik (listrik).

Manfaat dari Inovasi

Penggalan dari defenisi inovasi diatas ialah untuk memberi nilai tambah dan tentunya berguna bagi masyarakat banyak maupun bagi penciptanya sendiri. Berikut ini sejumlah manfaat dari inovasi:

  • Meningkatkan produktivitas & mengurangi biaya
  • Kualitas yang lebih baik
  • Menciptakan berbagai produk baru
  • Memberikan nilai tambah dan
  • lain lain

Kreativitas

Berbicara tentang kreativitas, saya akan mengingat ketika saya berjalan jalah ke salah satu pusat wisata di jakarta tepatnya di kota TUA, disana saya menemukan banyak orang yang memiliki kreativitas tinggi. Kebanyakan orang termasuk saya sendiri mengaitkan kreativitas dengan seni seperti menulis novel, melukis gambar, atau membuat musik, tapi tidak semua pemikir kreatif adalah seniman.

Memang, banyak pekerjaan membutuhkan pemikiran kreatif, meski tidak ada hubungannya dengan seni. Kreativitas berarti dapat menghasilkan sesuatu yang baru. Jika Anda bisa melakukan itu, Anda tidak hanya bisa memperkaya kehidupan dri sendiri, tapi Anda akan memiliki keuntungan apapun bidang yang anda miliki, kamu  hanya perlu mengenali kreativitas yang kamu miliki.

Berpikir Kreatif

Pemikiran kreatif berarti memikirkan hal baru atau berpikir dengan cara baru..” Seringkali, kreativitas dalam pengertian ini melibatkan apa yang disebut pemikiran lateral, atau kemampuan untuk memahami pola yang tidak jelas. Detektif fiksi Sherlock Holmes menggunakan pemikiran lateral dalam satu cerita terkenal saat dia menyadari bahwa seekor anjing yang tidak menggonggong merupakan petunjuk penting dalam kasus pembunuhan.

Beberapa orang secara alami lebih kreatif daripada yang lain, namun pemikiran kreatif bisa diperkuat dengan latihan. Anda dapat berlatih berpikir kreatif dengan memecahkan teka-teki, dengan menyadari dan melepaskan asumsi Anda, dan melalui permainan – apa pun yang tidak terstruktur dan santai. Bahkan melamun pun bisa membuat anda berpikir kreatif.

Contoh Pemikiran Kreatif

  • Mengatur tampilan ritel agar memiliki dampak maksimal
  • Merancang sebuah logo
  • Cara Mengidentifikasi untuk memotong biaya selama krisis anggaran
  • Meningkatkan produktivitas staf dengan merancang insentif kinerja dal
  • lain lain

Manfaat Kreativitas

diantara manfaat yang dapat dapat dirasakan dari berpikir kreatif ialah :

  • Dapat memecahkan masalah yang ada
  • Dapat membuat perbedaan tentunya yang lebih baik
  • Dapat menghemat anggaran
  • dan masih banyak lagi

Perbedaan Inovasi dan Kreativitas

Secara singkat diatas telah disebutkan perbedaan antara kreativitas dengan inovasi, berikut beberapa perbedaan yang mendasar diantara keduanya:

Kreativitas Inovasi
Memikirkan sesuatu hal yang baru Membuat pemikiran yang baru tersebut menjadi nyata
Menghasilkan gagasan membawa gagasan ini ke kehidupan
Berhubungan dengan pengalaman Berhubungan dengan Sebuah pengamatan
Jika anda menciptakan sesuatu yang baru maka, dapat dikatakan anda telah menciptakan. jika Anda telah memperbaiki sesuatu yang sudah ada, Anda bisa dikatakan telah melakukan inovasi

 

Lihat juga:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *