Makhluk Hidup

Dipublikasikan oleh admin pada

Seperti kita ketahui makhluk hidup terdiri dari manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan, yang kesemuanya memiliki kemampuan untuk bernafas, berpindah tempat, dan merespon perubahan pada diri mereka & lingkungannya, serta saling berinteraksi satu sama lainnya.

Ciri ciri Makhluk Hidup

Ciri ciri adalah hal yang kita berbeda dengan orang lain. Contohnya dina berbeda dengan doni, kalkulator berbeda dengan HP. Ciri ciri merupakan hal hal tertentu yang spesial dan unik dari sesuatu atau seseorang. Kalau begitu, bagaimana ciri ciri makhluk hidup? Simak pembahasan berikut:

  1. Makhluk hidup terdiri dari sel hidup

Semua makhluk hidup terbentuk dari sel hidup (protoplasma). Protoplasma berupa bagian yang kompleks dan memiliki aktivitas

Sel sel hidup  memiliki proses metabolisme di dalamnya dan apabila berkumpul akan membentuk kumpulan sel yang disebut jaringan. Kumpulan dari beberapa jaringan akan membentuk organ. Organ organ ini saling berinteraksi  di dalam tubuh organisme (mahkluk hidup). Jadi dapat disimpulkan bahwa semua sel sel ini hidup! Itulah yang membedakan menusia dengan batu (tersusun dari sel sel mati/tidak aktif)

  1. Makhluk hidup membutuhkan energi

Kita sebagai makhluk hidup membutuhkan tenaga atau energi untuk beraktivitas. No enregy, no liife. Tanpa energi kita akan menjadi lapar dan lemas. Darimana datangnya energi? Tentu saa dari makanan yang diproses dengan bantuan oksigen yang kita hirup waktu bernapas. Karena itu, makhluk hidup butuh makan. Makanan dapat diibaratkan “bensin” untuk menggerakkan “mesin” di dalam tubuh kita. Jadi sumber energi yang kita butuhkan untuk bergerak, tumbuh, berkembang dan mengganti sels sel yang mati atau rusak.

Diantara jenis jenis organisme, tumbuhan adalah makhluk hidup yang sangat spesial. Tumbuhan berrbeda dengan manusia atau hewan. Tumbuhan mampu membuat sendiri makanannya berupa bahan organik melalui proses fotosintesis. Hanya tumbuhan yang mampu memproduksi makanan sehingga makhluk lainnya tergantung pada tumbuhan untuk memperoleh energi. Bayangkan jika tidak ada tumbuhan di planet ini. apa yang terjadi ?

  1. Bernafas

Bagaimana proses bernapas ?

Waktu kita menarik napas dalam dalam, lalu menghembuskannya, “Huaaaahh”! saat itulah sebenarnya kita sedang bernapas dengan memasukkan oksigen ke dalam tubuh dan membuang karbon dioksida keluar tubuh.

Oksigen dan karbon dioksida merupakan komponen  udara. Tetapi saat bernapas,  tubuh kita mampu menyaring udara sehingga hanya oksigen saja yang masuk ke dalam tubuh. Selanjutnya  gas lain yang tidak diperlukan seperti gas CO2  akan dikeluarkan

Apa fungsi dari oksigen sehingga kita harus terus menghirup oksigen untuk bernapas? Salah satu fungsi oksigen adalah untuk membakar bahan makanan agar dapat diserap tubuh sehingga kita memperoleh tenaga atau energi.

Tubuh kita telah dilengkapi alat super canggih untuk bernapas. Begitu pula pada makhluk hidup lainnya. Tumbuhan bernapas melalui mulut daun (stomata) yang terdapat di permukaan daun, atau melalui lubang kecil (lentisel) di permukaan batang. Hewan daratan  bernapas dengan paru – paru atau trakea. Hewan air bernapas dengan insang. Bahkan, hewan bersel satu juga mampu bernapas walau bukan dengan alat pernapasan khusus, tetapi melalui permukaan tubuhnya.

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *