Organisme

Dipublikasikan oleh admin pada

Apa yang dimaksud dengan organisme? Organisme merupakan bentuk kehidupan individual yang dapat tumbuh dan berkembang biak serta memiliki satu sel maupun lebih. Yang tergolong organisme ialah hewan, tumbuhan, dan bakteri. Organisme terdiri dari berbagai ukuran mulai dari kecil hingga besar, memiliki bentuk yang beragam, memiliki cara hidup berbeda namun mereka memiliki ciri yang sama.

Sedangkan organisme yang berukuran sangat kecil disebut dengan mikroba atau mikro organisme dan memerlukan bantuan alat khusus seperti Mikroskop untuk melihatnya. Mikroba sendiri merupakan makhluk hidup yang terdiri dari banyak komponen yang saling berhubungan dan bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama.

Pengertian Organisme

Kata organisme berasal dari bahasa yunani yakni organon yang berarti alat. Sedangkan menurut wikipedia, kata organisme berarti kumpulan molekul molekul yang saling berkaitan sedemikian rupa sehingga berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup. Kata organisme mengandung arti yang sangat kompleks. Maksud arti dari organisme kompleks mengacu kepada organisme yang memiliki lebih dari satu sel atau yang sering kita sebut sebagai makhluk hidup.

Organisme merupakan makhluk hidup yang terdiri dari banyak komponen yang saling berkaitan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Organisme terdiri dari dalam berbagai ukuran, bentuk maupun gaya hidup, namun mereka semua berbagi beberapa ciri yang sama.

Semua organisme memerlukan makanan atau nutrisi dan mengeluarkan limbah, tumbuh, berkembang biak dan akhirnya nanti mati. Hewan merupakan jenis yang paling nyata dari suatu organisme. Hewan adalah organisme yang aktif bergerak dan termasuk paling aktif dari semua organisme, dan ia termasuk spesies seperti manusia, hiu dan semut. Setelah berkembang biak mereka akan bertahan hidup di lingkungannya.

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *