Pencemaran Lingkungan

Dipublikasikan oleh admin pada

Pada masa sekarang, pencemaran yang terjadi di bumi ini semakin tak terkendalikan, baik pencemaran udara, tanah, dan air. Maka dari itu sangat penting melakukan pengendalian alam terutama pencemaran pada lingkungan dengan berbagai cara, seperti cara menetapkan baku mutu limbah yang harus dibuang dilingkungan dan harus sesuai dengan kadar tertentu.

Pencemaran lingkungan saat ini banyak terjadi dan tidak mengenal tempat, terutama dalam lingkungan yang berbasis industri atau pabrik. Ditambah dengan jumlah penduduk yang cukup padat sehingga tidak terkontrol lagi terjadinya pencemaran baik itu karena limbah industri maupun logam berat.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Apa yang dimaksud dengan pencemaran lingkungan? Pencemaran lingkungan dapat dikatakan sebagai masuknya zat, makhluk hidup atau energi lain ke dalam air atau udara. Selain itu, pencemaran dapat juga diartikan sebagai adanya perubahan komposisi pada media misalnya saja tanah atau air atau udara yang diakibatkan oleh beberapa faktor misalnya kegiatan manusia, proses alam dan sebagainya yang berakibat pada penurunan kualitas media yang dicemari tersebut.

Pencemaran lingkungan ialah satu dari berbagai faktor yang bisa memengaruhi kualitas lingkungan. Pengertian lingkungan menurut Undang Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup pasal 1 ayat(14):

Pencemaran lingkungan hidup merupakan masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan.

Makhluk hidup, zat, atau energi yg masuk kedalam lingkungan hidup umumnya merupakan sisa dari aktivitas atau kegiatan manusia. Sisa dari aktivitas atau kegiatan manusia disebut juga limbah. Maka dari itu dapat dikatakanbahwa salah satu penyebab pencemaran lingkungan adalah sebagai akibat adanya limbah yang sengaja dibuang ke dalam lingkungan. Pencemaran tersebut menjadi sumber penyebab terjadinya gangguan kesehatan pada masyarakat.

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *