Ilmu

Dipublikasikan oleh admin pada

Pengertian ilmu

Menurut prof. Prajudi  ilmu harus ada obyeknya, termonologinya yang khas, methodologinya yang khas, filosofis yang khas dan teorinya yang khas.

Sedangkan menurut Prof  Nawawi, ilmu juga harus memiliki obyek, metode, sistematika dan mesti harus bersifat universal.

Menurut Prof. Sondang Siagian memberikan pengertian tentang ilmu :  

Ilmu dapat di definisikan sebagai suatu objek ilmiah yang memiliki sekelompok prinsip, dalil, rumus, yang melalui percobaan yang sistematis dilakukan berulangkali telah di uji kebenarannya, prinsip prinsip, dalil-dalil dan rumus rumus mana dapat diajarkan dan dipelajari

Menurut Prof. Sutrisno Hadi’ mendefinisikan sebagai berikut 

ilmu pengetahuan sebenarnya tidak lain adalah kumpulan dari pengalaman – pengalaman dan pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadukan secara harmonis dalam suatu bangunan yang teratur.

Prof, Soerjono Soekanto, mengartikan ilmu sebagai berikut: 

Secara singkat dapatlah dikatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan (knowledge) yang tersusun sistematis dengan mengunakan kekuatan pemikiran, pengetahuan, dimana selalu dapat diperiksa dan ditelaah (dikontrol) dengan kritis oleh setiap orang lain yang mengetahuinya. Perumusan tadi sebenarnya jauh dari sempurna, akan tetapi yang terpenting adalah bahwa perumusan tersebut  telah mencakup beberapa unsur beberapa pokok. Unsur-unsur (elements) yang merupakan bagian bagian yang tergabung dalam suatu kebulatan adalah:

  1. Pengetahuan (knowledge)
  2. Tersusun secara sistematis
  3. Menggunakan pemikiran
  4. Dapat dikontrol secara kritis oleh orang lainn atau umum (obyektif)

Menurut Drs. Muhammad Hatta 

Tiap tiap ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, maupun menurut kedudukannya tampak dari luar, maupun menurut bangunnya dari dalam.

Menurut Prof. Van Poelje 

“ilmu adalah tiap kesatuan pengetahuan, dimana masing masing bagian bergantungan sama sama lain yang teratur secara pasti menurut asas-asas tertentu”.

Menurut The Liang Gie (8)

ilmu adalah sebagai kelompok  pengetahuan yang teratur yang membahas suatu sasaran tertentu dengan pemusatan perhatian kepada satu atau segolongan  masalah yang terdapat pada sasaran itu untuk memperoleh keterangan keterangan yang mengandung kebenaran

Menurut Drs. S. Abu Bakar (9)

Ilmu adalah suatu pendapat atau buah pikiran yang ilmiah, yaitu pendapat atau buah pikiran, yang memenuhi  persyaratan ilmu pengetahuan terhadap suatu bidang masalah tertentu.

Dari sekian banyak pengertian ilmu yang dikemukan diatas dapatlah ditarik kesimpulan sebagai berikut

Ilmu pengetahuan itu konkret, sehingga dapat diamati, dipelajari, dan diajarkan serta teruji kebenarannya, teratur, bersifat khas atau khusus dalam arti mempunyai metodologi, obyek, sistematiika dan teori sendiri. 

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *