Uang

Dipublikasikan oleh admin pada

Pengertian Uang

Dalam keadaan sekarang ini sulit untuk mencari orang yang tidak mengenal uang. Uang sudah digunakan untuk segala keperluan sehari-hari dan merupakan suatu kebutuhan dalam menggerakkan perekonomian suatu negara. Bahkan awal mulanya hanya digunakan sebagai alat tukar.

Sekarang ini sudah uang berubah menjadi multi fungsi. Begitu juga dengan jenis jenis uang yang sedemikian beragam, terutama yang digunakan sebagai alat tukar menukar.

Seperti diketahui awal mula dikenalnya uang adalah akibat dari kesulitan masyarakat dalam melakukan tukar menukar dimasa lalu. Kendala utama dalam pertukaran adalah sulit untuk memperoleh barang dan jasa  yang diinginkan sesuai dengan  jenis barang dan jasa pada saat dibutuhkan.

Kendala yang seperti ini  terjadi pada saat perekonomian dalam suatu wilayah menggunakan sistem barter untuk memperoleh barang maupun jasa.

Sistem barter merupakan sistem pertukaran  antara barang  dengan barang atau barang dengan jasa atau sebaliknya. Sistem ini merupakan sistem yang pertama kali dikenal didalam perdagangan dunia. Namun sistem ini, mulai ditinggalkan akibat dari banyaknya kendala dalam setiap kali melakukan pertukaran  dan mulai dikenalnya saran pertukaran yang lebih efisien.

Beberapa kendala yang sering dialami sistem barter dalam melakukan pertukaran antara lain sebagai berikut:

  • Sulit menemukan orang yang mau menukarkan barangnya yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan
  • Sulit untuk menentukan nilai barang yang akan ditukarkan terhadap barang yang di inginkan
  • Sulit menemukan orang yang mau menukarkan barangnya dengan jasa yang dimiliki atau sebaliknya
  • Sulit untuk menemukan kebutuhan yang mau ditukarkan pada saat yang cepat, sesuai dengan keinginan. Artinya untuk memperoleh barang yang diinginkan memerlukan waktu yang terkadang relatif lama.

Untuk mengatasi segala kendala yang ada  oleh para ahli dipikirkanlah sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat tukar  yang lebih efisien. Alat tukar tersebut adalah yang kita kendal dengan nama “uang” seperti sekarang ini.  Dengan ditemukannya uang segala kendala  diatas dapat diatasi, bahkan fungsi uang tidak hanya  sebagai alat tukar saja, melainkan beralih ke fungsi fungsi lainnya yang jauh lebih luas.

Pengertian uang secara umum adalah

Sesuatu yang dapat diterima secara umum sebagai alat pembayaran  dalam suatu wilayah tertentu  atau sebagai alat  pembayaran utang atau sebagai alat untuk melakukan pembelian barang dan jasa. Dengan kata lain, bahwa uang merupakan alat  yang dapat digunakan  dalam melakukan pertukaran baik barang maupun jasa dalam suatu wilayah tertentu saja.

Secara umum uang tidak hanya  berfungsi  sebagai alat tukar, akan tetapi memiliki  fungsi  lainnya, seperti  sebagai alat satuan hitung, penimbun kekayaan atau sebagai standar pencicilan utang. Kemudian uang yang biasanya hanya dapat dipergunakan dalam satu wilayah tertentu, misalnya negara, karena bisa saja satu mata uang tertentu tidak berlaku di negara lain dan sebaliknya, namun bisa saja satu mata uang negara tertentu berlaku di semua negara seperti mata uang U$ Dollar.

Dalam perekonomian yang semakin modern  seperti sekarang ini uang memainkan peranan yang sangat penting bagi semua kegiatan masyarakat. Uang sudah merupakan kebutuhan, bahkan uang menjadi salah satu penentu stabilitas dan kemajuan perekonomian di suatu negara. Namun demikian, bukan berarti sistem barter sudah lenyap, tetap masih dipergunakan untuk tingkat perdagangan  tertentu saja seperti perdagangan antarnegara dan di daerah pedesaaan.

Untuk memenuhi kebutuhan akan uang, pemerintah negara yang bersangkutan melalui Bank Sentral berhak menciptakan uang, terutama uang kartal. Begitu pula dengan jumlah uang beredar perlu dijaga agar nilai uang tetap stabil. Kemudian kebutuhan akan uang giral biasanya dicetak  oleh bank bank umum, dimana jumlahnya jauh melebih jumlah uang kartal yang beredar. Dalam hal berkaitan dengan uang, maka peranan lembaga keuangan terutama bank sangatlah besar, hal ini sesuai dengan fungsi lembaga keuangan yaitu sebagai perantara keuangan di masyarakat.

Dari uraian diatas dapatlah disimpulkan bahwa dengan adanya uang, maka banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh, baik bagi pihak penerima uang maupun pembayar. Adapun manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya uang adalah sebagai berikut:

  • Mempermudah untuk memperoleh dan memilih barang dan jasa yang diinginkan secara cepat.
  • Mempermudah dalam menentukan nilai (harga) dari barang dan jasa
  • Memperlancar proses perdagangan secara luas
  • Digunakan sebagai tempat menimbun kekayaan

Kriteria 

Seperti diketahui   bahwa sesuatu yang dapat dikatakan sebagai uang haruslah memenuhi persyaratan. Tujuannya adalah agar sesuatu yang dianggap uang  dapat diterima semua lapisan masyarakat dan dapat digunakan sebagai alat tukar menukar oleh si pemiliknya. Artinya  bahwa sesuatu yang dianggap sebagai uang harus memiliki beberapa kriteria sehingga diakui sebagai uang.

    Kriteria Uang

    1. Ada jaminan
    2. Disukai umum
    3. Nilai yang stabil
    4. Mudah disimpan
    5. Mudah dibawa
    6. Tidak mudah rusak
    7. Mudah dibagi
    8. Suplai harus elastis

    Kategori: pendidikan

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *