Keterampilan dan Kemampuan

Dipublikasikan oleh admin pada

Pengertian Keterampilan (Skill)

Keterampilan berasal dari kata “terampil” yang artinya cakap, mampu, dan cekatan.  Menurut Iverson (2001) keterampilan membutuhkan pelatihan dan kemampuan dasar yang dimiliki setiap orang agar dapat lebih membantu menghasilkan sesuatu yang lebih bernilai dengan lebih cepat.

Skill atau keterampilan adalah kemampuan untuk menggunakan akal, pikiran, ide dan kreatifitas dalam mengerjakan, mengubah maupun untuk membuat sesuatu yang lebih bermakna sehingga menghasilkan sebuah nilai dari hasil pekerjaan tersebut.

Selain itu skill juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menterjemahkan pengetahuan kedalam praktik sehingga  akan tercipta kinerja yang diinginkan. Berikut beberapa pengertian keterampilan menurut para ahli:

  • Gordon, skill merupakan kemampuan untuk mengoperasikan pekerjaan secara mudah dan tepat
  • Nadler, skill kegiatan yang memerlukan praktek atau dapat diterjemahkan sebagai implikasi dari aktivitas
  • Higgins, skill adalah kemampuan dalam tindakan dan memenuhi suatu tugas
  • Iverson, skill adalah kemampuan untuk melakukan pekerjaan secara mudah dan tepat.

Dari beberapa pengertian diatas, maka dapat disimpulkan skill adalah kemampuan untuk mengoperasikan suatu pekerjaan secara mudah dan cermat.

Menurut Robbins, keterampilan dibedakan menjadi 4 kategori:

  1. Basic Literacy skill : merupakan keahlian dasar yang sudah pasti harus dimiliki setiap orang, misalnya membaca, menulis, berhitung, mendengarkan dan lain sebagainya.

  2. Technical skill, adalah keahlian secara teknis yang diperoleh melalui pembelajaran dalam bidang teknik seperti mengoperasikan komputer maupun alat alat digital lainnya.

  3. Interpersonal skill: merupakan keahlian setiap orang dalam berkomunikasi antara satu dengan yang lain seperti mendengarkan seseorang, memberi pendapat, maupun bekerja secara tim.

  4. Problem solving, adalah keahlian seseorang dalam memecahkan masalah melalui logika maupun perasaan.

Faktor faktor Yang Mempengaruhi Keterampilan

Menurut Widyatun (2005), terdapat tiga faktor yang mempengaruhi keterampilan secara langsung.

  1. Motivasi

Merupakan sesuatu yang dapat membangkitkan keinginan dalam diri seseorang untuk melakukan berbagai tindakan. Melalui motivasi ini seseoang akan terdorong untuk melakukan sesuai dengan prosedur yang sudah diajarkan.

  1. Pengalaman

Melalui pengalaman dapat memperkuat kemampuan seseorang dalam melakukan sebuah tindakan (keterampilan). Pengalaman membangun seseorang untuk dapat melakukan tindakan-tindakan selanjutnya menjadi lebih baik dikarenakan telah melakukan tindakan-tindakan dimasa lampau.

  1. Keahlian

Keahlian yang dimiliki seseorang akan membuat orang tersebut lebih terampil dalam melakukan keterampilan tersebut. Melalui keahlian yang dimiliki juga akan membuat seseorang mampu melakukan sesuatu sesuai dengan yang sudah diajarkan.

Pengertian Kemampuan (Ability)

Kemampuan atau dalam bahasa inggris disebut sebagai ability merujuk pada kavasitas individu untuk mengerjakan berbagai tugas dalam suatu pekerja. Berikut beberapa pengertian kemampuan menurut para ahli:

  1. Gordon; kemampuan kognitif untuk melakukan fungsi fungsi pekerjaan.

  2. Robbins; kemampuan adalah kapasitas seseorang dalam mengerjakan berbagai pekerjaan

Dari kedua pendapat ahli diatas, dapat disimpulkan kemampuan (ability) adalah kapasitas seseorang dalam mengerjakan berbagai jenis pekerjaan.

Menurut Soeparman Soehamidjaja, kemampuan seseorang yang menjadi objek kewirausahaan meliputi:

  1. Kemampuan merumuskan tujuan hidup/usaha
  2. Kemampuan motivasi diri
  3. Kemampuan untuk berinisiatif
  4. Kemampuan membentuk modal uang atau barang modal
  5. Kemampuan untuk mengatur waktu serta membiasakan diri untuk selalu tepat waktu
  6. Kemampuan mental yang dilandasi dengan agama
  7. Kemampuan membiasakan diri dalam mengambil hikmah dari pengalaman

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan

Menurut Notoadmodjo, keterampilan merupakan praktik dari pengetahuan dengan demikian keterampilan seseorang berkaitan terhadap pengetahuan dan pengetahuan dipengeruhi oleh:

Tingkat pendidikan

Semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin tinggi pula pengetahuan yang dilimiliki seseorang. Dengan demikian orang tersebut akan lebih mudah dalam menerima dan menyerap hal hal baru. Selain itu, juga dapat membantu mereka dalam menyelesaikan hal hal baru tersebut.

Umur

Seiring waktu berjalam secara otomatis umur seseorang juga ikut bertambah maka akan terjadi perubahan fisik dan psikologi seseorang. Semakin tinggi umur seseorang, akan semakin matang dan dewasa dalam berpikir, bertindak maupun bekerja.

Pengalaman

Pengalaman adalah guru yang berharga, karena pengalaman dapat dijadikan sebagai dasar untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya dan juga sebagai sumber pengetahuan untuk mendapatkan suatu kebenaran.  Pengalaman yang dimiliki seseorang akan dipengaruhi kematangan orang tersebut dalam berpikir dan bertindak.

Menurut Ranupantoyo dan Saud (2005), semakin lama seseorang bekerja pada suatu pekerjaan yang ditekuni, maka akan semakin berpengalaman dan keterampilan kerjanya akan semakin baik

Lihat juga:

12

Kategori: Tips dan Cara

1 Komentar

Eva Elizaberth · pada

Siapa nama bagi penulis artikel Keterampilan dan kemampuan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *