Valas

Dipublikasikan oleh admin pada

Pengertian Valuta Asing 

Yang dimaksud dengan valuta asing adalah (foreign exchage) adalah mata uang negara lain (foreign currency) dari suatu prekonomian). Misalnya, valuta asing bagi prekonomian indonesia adalah mata uang lain selain rupiah, misalnya yen Jepang, ringgit Malaysia, dan bath Thailand.

Bisanya mata uang – mata uang negara lain diperdagangkan dalam suatu negara atau kawasan ekonomi, bila hubungan ekonomi baik bilateral (antardua negara) maupun multiteral (lebih dari dua negara), relatif baik dan instensif.

Misalnya, ketiga mata uang tersebut di atas digunakan atau diperdagangkan di Indonesia karena hubungan ekonomi dengan ketiga negara tersebut relatif baik dan intensif. Tetapi mata uang Brasil tidak diperdagangkan di Indonesia, karena indonesia tidak memiliki hubungan langsung dan atau intensif dengan Brasil.

Untuk dapat digunakan dalam kegiatan ekonomi, maka mata uang yang diperdagangkan mempunyai harga tertentu dalam mata uang negara lain. Harga tersebut menggambarkan berapa banyak suatu mata uang harus dipertukarkan untuk memperoleh satu unit mata uang lain.

Istilah lain dari rasio pertukaran tersebut adalah nilai tukar (exchage rate). Bila dikatakan nilai tukar rupiah adalah Rp10.000/US$, maka harga per rupiah adalah 1/10.000 US$. Karena penulisannya lebih rumit, maka penulisan yang digunakan dalam tulisan ini adalah US$ 1,00 = Rp10.000. pengertian tersebut dikenal sebagai nilai tukar (kurs) nominal (nominal exchage rate).

Jadi apabila seseorang mengatakan kurs di antara dua negara, yang dimaksudkan sebenarnya adalah kurs nominal.

Selain nilai tukar nominal, dikenal juga nilai tukar riil atau kurs riil (real exchage rate). Nilai tukar riil adalah harga relatif dari barang kedua negara, yang menyatakan tingkat dimana kita dapat menperdagangkan barang barang dari suatu negara untuk barang barang dari negara lain.

Itulah sebabnya nilai tukar riil disebut juga terms of trade. Misalkan, produk sepatu yang dihasilkan Amerika serikat dan Indonesia. Di AS, sepasang sepatu berharga $20,00 dan di Indonesia Rp100.000,00 untuk sepatu yang sama.

Guna membandingkan harga dari sepatu kedua negara itu, kita mengubahnya menjadi mata uang umum. Jika US1,00=Rp10.000, maka harga sepatu AS adalah Rp200.000,00.

Dengan demikian harga sepatu AS dua kali harga sepatu Indonesia, atau harga sepatu Indonesia separuh harga dari harga sepatu AS. Pada harga yang berlaku, kita dapat menukar 2 sepatu Indonesia untuk 1 sepatu AS.

materi valuta asing

Secara umum dapat dituliskan sebagai berikut:

rumus menghitung valas

Perhitungan nilai tukar riil untuk barang tunggal ini menjelaskan bagaimana mendefinisikan nilai tukar riil untuk kelompok barang yang lebih luas. Jika e adalah nilai tukar nominal (jumlah dolar per rupiah), P adalah tingkat harga di Indonesia (diukur dalam rupiah), dan P* adalah tingkat harga di AS (di ukur dalam dolar), maka nilai tukar riil adalah (e*)

pengertian valuta asing

Nilai tukar riil diantara kedua negara dihitung dari nilai tukar nominal dan tingkat harga di kedua negara. Jika nilai tukar riil adalah tinggi, berarti harga barang barang luar negeri relatif murah, dan harga barang barang domestik relatif mahal. Dan sebaliknya, jika nilai tukar riil rendah, berarti harga barang barang luar negeri relatif mahal, dan harga barang barang domestik relatif murah.

Pasar valuta asing / Valas pada dasarnya adalah jaringan kerja (net work) dari perbankan dan lembaga keuangan yang melaluinya mata uang – mata uang dapat saling dipertukarkan. Sebagai bahan interaksi, pasar valuta asing mempunyai analogi dengan pasar pasar lain seperti pasar barang dan jasa.

Biasanya nilai tukar valas suatu negara sewaktu-waktu dapat berubah, pergerakan nilai tukar valas (rate valas) dipengaruhi beberapa faktor.

Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Tukar Suatu Negara

  1. Devaluasi/Depresiasi dan Revaluasi/Apresiasi

Devaluasi & depresiasi merupakan penurunan nilai tukar mata uang negara tertenu terhada nilai mata uang negara lain, dimana depresiasi penurunannya tidak terlalu signifikan dan sifatnya hanya sementara, sedangkan devaluasi penurunannya besar & biasanya diumumkan secara resmi oleh pemerintah dari negara yang bersangkutan, demikian juga sebaliknya.

  1. Nilai nominal & nilai intrinsik mata uang

Nilai nominal atau nilai ekstrinsik adalah nilai yang tertera pada mata uang tersebut, sementara nilai intrinsik adalah yang terkandung pada mata uang tersebut, misalnya dari segi bahan yang digunakan untuk membuat membuat uang itu (kertas, tinta, ongkos pembuatan dll)

  1. Neraca pembayaran (balance of payment)

Neraca pembayaran adalah laporan keuangan dari suatu negara yang menggambarkan  tentang aliran kas masuk  & kas keluat dari atau ke negara lain selama periode satu tahun.

Dalam hal teransaksi  BOP ini dibedakan menjadi dua yakni transaksi kredit yang menimbulkan kewajiban untuk membayar, misalnya transaksi impor, sementara trasaksi debit menimbulkan arus masuk atau hak penerimaan uang, misalnya transaksi ekspor.

  1. Cadangan devisa

Merupakan total dana dari suatu negara, baik berupa uang, asset likuid maupun fasilitas lainnya dalam bentuk mata uang asing yang dimiliki Bank sentral suatu negara

  1. Tingkat inflasi

Dapat diartika sebagai tingkat kenaikan harga barang konsumsi yang terjadi pada kurun waktu tertentu, biasanya dinyatakan dalam persen (%) / tahun.

  1. Suku bunga nominal

Adalah suku bunga yang berlaku dalam suatu negara sebelum dikurangi tingkat inflasi

  1. Suku bunga rill

Adalah suku bunga yang berlaku dalam suatu negara setelah dikurangi tingkat inflasi negara tersebut.

Peserta Yang Terlibat Dalam Pasar Valuta Asing

Dalam kegiatan transaksi di valas, terdapat 2 jenis tingkatan yakni antar bank atau wholesale market dan klien atau retail market.

Dealer, valas bank-bank internasional sering  berfungsi sebagai market. Dealer dan valas bank senantiasa bersedia menjual & membeli valas yang mereka khsuskan. Biasanya mempertahankan suatu porsi persediaan beberapa valas yag dikhususkan

  • Perusahaan & individu

Perusahaan atau individu menggunakan pasar valas dengan tujuan untuk mempermudah pelaksaan transfer investasi & komersial. Kelompok ini terdiri atas importir, investor portofolio internasional, perusahaan multinasional. Mereka menggunakan pasar valuta asing dengan tujuan sebagai investasi.

  • Spekulator & Arbetrase

Baik spekulator maupun arbitrase melakukan transaksi pada pasar valas dengan tujuan mencari keuntungan. Pada prinsipnya arbitrase merupakan suatu bentuk spekulasi yang ada di pasar valas, mereka membeli valas di pasar keuangan selanjutnya menjualnya kembali di pusat keuangan lain guna memperoleh keuntungan.

Kegiatan seperti ini dimungkinkan oleh kemudahan dan kecepatan transper dengan alat telegrafik antara pusat keuangan satu dengan pusat keuangan dunia lain.

  • Bank sentral

Fungsi valas bagi bank sentral salah satunya adalah untuk memperoleh cadangan devisa dan mempengaruhi harga dimana mata uangnya diperdagangkan. Bank sentral dimungkinkan melakukan langkah-langkah untuk mendukung atau mendongkrak nilai mata uang sendiri.

Jenis – jenis Transaksi

  1. Transaksi Spot

Adalah jual beli mata uang melalui penyerahan dan pembayaran antarbank yang akan diselesaikan pada dua hari kerja.

Pada dasarnya penyerahan dana dalam transaksi spot dapat dilakukan dengan beberapa, yakni:

    • Value today (Value Tod) adalah penyerahan yang dilakukan pada hari yang sama dengan tanggal (hari) diadakannya transaksi (kontrak). Cara penyelesaian ini biasa disebut same day sttlement atau cas settlement.
    • Value Tomorrow (Value Tom) adalah penyerahan dana yang dilakukan pada hari kerja berikutnya atau hari kerja setelah diadakannya kontrak atau one day sattlement.
    • Value spot adalah penyerahan dana yang dilakukan dua hari kerja setelah transaksi.

  1. Transaksi Forward

Atau biasa disebut sebagai transaksi berjangka adalah transaksi sejumlah mata uang tertenu dengan mata uang lainnya dengan penyerahan pada waktu yang akan datang. Penetapan kurs dilakukan pada kontrak dibuat, akan tetapi pembayaran dan penyerahan baru dilakukan pada saat kontrak jatuh tempo.

Trasaksi seperti ini sering digunakan dengan tujuan hedging dan spekulasi. Hedging akibat terjadinya perubahan kurs.

  1. Transaksi Swap

Transaksi swap antar bank adalah pembelian & penjualan secara bersamaan sejumlah mata uang tertentu dengan tanggal valuta (penyerahan) yang berbeda.  Jenis transaksi seperti ini pada umumnya adalah “spot terhadap forward”. Dealer membeli suatu mata uang dengan transaksi spot dan secara simultan menjualnya kembali dengan jumlah yang sama kepada bank lain dengan kontrak forward.

Transaksi swap antar bank dengan Bank Indonesia

    • Swap likuiditas yaitu swap yang dilakukan atas inisiatif Bank Indonesia untuk dana yang berasal dari pinjaman luar negeri. Posisi (outstanding) swap likuiditas ini untuk setiap bank maksimmum 20% dari modal bank.
    • Swap investasi adalah swap yang dilakukan atas inisiatif bank berdasarkan swap bank dengan nasabahnya dimana dananya berasal dari pinjaman luar negeri (offshore lone) dengan tujuan investasi di dalam negeri.

Kurs dan Kuotasi Valuta Asing

Pengertian Kurs Valuta Asing adalah haru suatu mata uang yang dinyatakan dalam mata uang lain. Sementara kuotasi (quotation) valas adalah suatu penyertaan selanjutnya melakukan transaksi jual beli valas pada suatu kurs yang di umumkan.

Penentuan Kuotasi dapat dilakukan dengan 3 cara:

  1. Langsung atau direct qoutation

Adalah cara penentuan kurs mata uang asing dimana satu mata uang asing digunakan untuk menilai uang lokal. Oleh karenanya menurut metode direct quotation, unit mata uang asing senantiasa tetap terhadap mata uang lokal.

  1. Tidak langsung atau indirect quotation

Yaitu penentuan kurs berdasarkan indirect quotation merupakan kelebihan dari direct quotation yakni penentuan kurs dimana unit mata uang lokal digunakan untuk menilai mata uang asing. Dalam indirect quotation unit mata uang lokal selalu tetap terhadap mata uang asing.

  1. USD Quotation

Pada transaksi internasional, USD biasanya selalu dijadikan sebagai mata uang referensi dalam penentuan kurs mata uang asing lain.

Margin Trading

Merupakan transaksi jual beli valuta asing yang tidak di ikuti dengan pergerakan dana  yang dan yang diperhitungkan sebagai keuntuungan atau kerugian adalah selisih antara harga beli/jual suatu jenis valas yang bersangkutan pada akhir transaksi.

Bank Indonesia sendiri telah mengeluarkan ketentuan mengenai kegiatan margin trading yang diatur dalam Paket Kebijakan 28 Fef 1991, isi pokok-pokoknya sebagai berikut:

  1. Margin trading valuta asing dilakukan harus berdasarkan:
    • Kebijaksanaan direksi bank.
    • Suatu kontrak yang telah dibuatnya.
  1. Dalam kontrak margin trading yang dimuat sekurang-kurangnya base currency yang digunakan, pelaksanaan settlement, pembukaan laba atau rugi dari margin trading, dan jumlah yang dipergunakan sebagai batas keharusan menyetor tambahan margin deposit (cut loss).
  2. Kegiatan margin trading dilakukan atas dasar tersedianya margin deposit
  3. Margin trading untuk kepentingan nasabahnya ditetapkan setinggi-tinggnya 10 x(sepuluh kali) dari margin deposit nasabah yang disetor ke bank.
  4. Margin trading untuk kepentingan bank ditetapkan setinggi-tingginya 10 x dari modal bank.
  5. Bilamana bank mengalami kerugian sebesar 5% dari modal, bank harus menghentikan kegiatan margin tradingnya dan hanya boleh melakukan kembali setelah mendapat persetujuan dari bank indonesia.
  6. Margin deposit nasabah atau bank harus dicantumkan dalam laporan mingguan atau laporan bulanan.

Lihat juga

Pengertian valuta asing adalah

Yang dimaksud dengan valuta asing adalah (foreign exchage) adalah mata uang negara lain (foreign currency) dari suatu prekonomian).

Contoh pasar valuta asing adalah

Misalnya, valuta asing bagi prekonomian indonesia adalah mata uang lain selain rupiah, misalnya yen Jepang, ringgit Malaysia, dan bath Thailand.

faktor yang mempengaruhi nilai tukar suatu negara adalah

1. Devaluasi/Depresiasi dan Revaluasi/Apresiasi
2. Nilai nominal & nilai intrinsik mata uang
3. …..

Jenis jenis transaksi valas adalah

1. Transaksi Spot
2. Transaksi Forward
3. …..

Apa itu Kurs dan Kuotasi Valuta Asing

Pengertian Kurs Valuta Asing adalah haru suatu mata uang yang dinyatakan dalam mata uang lain

Margin Trading adalah

Merupakan transaksi jual beli valuta asing yang tidak di ikuti dengan pergerakan dana  yang dan yang diperhitungkan sebagai keuntuungan atau

Apa kegunaan mempelajari valas

Selain menambah pengetahun dan wawasan tentang pasar valuta asing, dapat juga dijadikan sebagai materi atau bahan malah

Kategori: Investasi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *